Sabtu, 07 Juli 2012

Bedah Novel Hitam Putih Dunia Angel

Tumben2nya acara hari ini selesai jam 3 sore, biasanya jam 11 atau 12 malam. Mumpung ada waktu lowong di sore hari, mending jalan-jalan. Mumpung lagi di Bandung (lagi).

Biar ga jauh-jauh, bersepakatlah dengan Mas Faatih dan Mbak Wulan kita ke BEC (Bandung Electronic Center); selain ingin liat2 HP dan kompie, juga cari nomor cantik, siapa tau ada yang bagus. Bukan karena alasan hoki2an, tapi keren aja rasanya punya nomor cantik.

Setelah puas eksplorasi BEC, lanjut ke Gramedia Merdeka Bandung. Kebetulan ada obral buku murah, walaupun ada kata ‘mulai’ di depan angka 5 ribu rupiah. Kebetulannya lagi, ada bedah buku. Tapi sepertinya lebih sreg nyebutnya bedah novel. Judulnya ‘Hitam Putih Dunia Angel’. Tokoh utama sekaligus pengarang novel tersebut, Angelina Julia, hadir bersama dengan pengamat sastra Aming D. Rachman. Dari dengar sayup2 wawancara terhadap mereka, tampaknya novel tersebut menarik.





Bagi yang tertarik, berikut sinopsis novel Hitam Putih Dunia Angel.

Angel, seorang gadis keturunan Tionghoa, harus menelan pil pahit kehidupan sejak dilahirkan. Orang tua kandungnya menjual Angel kepada seorang dokter karena tidak mampu membayar biaya persalinannya di sebuah rumah sakit kecil di Medan.

Mama angkatnya memboyong Angel ke Jakarta dan melimpahinya dengan fasilitas mewah. Namun, rumah tangga yang selalu gagal telah membuat Mamanya melampiaskan segala kemarahannya kepada Angel. Tidak hanya kekerasan fisik, tapi juga mental dan pelecehan seksual.

Di umur 13 tahun, Angel menjadi lesbian dengan menjalin hubungan bersama guru di sekolahnya, Lia, seorang perempuan berusia 27 tahun yang menurutnya bisa memberikan kasih sayang layaknya seorang Ibu. Angel pun memilih kabur dari rumah karena sudah tidak tahan lagi dengan segala siksaan dari Mamanya. Dalam pelariannya di Yogyakarta dan Bandung, dia harus bekerja serabutan, dari mulai menjadi perawat anjing, sopir angkot, sampai dengan pengamen jalanan demi mempertahankan hidup.

Di tengah kekacauan hidupnya, Angel mendapat hidayah yang kemudian menjadikannya memeluk Islam. Angel juga bertemu dengan seorang lelaki yang telah mengenalkan dunia baru kepadanya.

Ya, dialah Angel, seorang perempuan yang kini usianya belum genap 19 tahun, cantik, cerdas, tegar, dan telah merasakan hitam-putih kehidupan sambil terus berharap akan dipertemukan dengan orang tua kandungnya. Angel, ke mana lagi kakimu akan melangkah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar