Sabtu, 12 November 2016

Siring Laut Pagatan

Siring Laut Pagatan

Foto di atas adalah gambar siring laut pantai Pagatan.

Orang sini menyebut tanggul penahan ombak sebagai siring.

Pantai ini persis terletak di jalan provinsi yang menghubungkan Kota Batulicin dengab Kota Banjarmasin.

Kalau penat, boleh singgah ke warung lesehan di sepanjang pantai. Jualan favoritnya jagung bakar dan kelapa muda.

Minggu, 04 September 2016

Video Player Bagus di Android

Awalnya Saya selalu memakai video player bawaan Android. Bertahun-tahun tidak ada masalah.

Tetapi beberapa hari yang lalu, ketika ingin memutar file MP4 hasil unduhan di komputer, player yang biasanya lancar jaya ngambek. Berkali-kali diulang buka, pesannya sama. File tidak dikenali.

Sempat curiga file MP4 tersebut rusak. Jadi coba saya putar di laptop, ternyata tidak masalah.

Timbul kecurigaan pada player. Barangkali playernya bermasalah menjalankan file MP4 hasil unduhan komputer.

Lalu muncul ide untuk mencari player di playstore. Wuih... ada banyak. Mata saya tertumbuk pada salah satunya, sepertinya familiar. VLC player namanya. Kalau tak salah ingat, saya pernah mencoba menggunakannya di komputer.

Iseng saya download VLC player tersebut.  Lalu saya coba menjalankan file yang ngambek di player lama. Alhamdulillah bisa. Saya coba file lainnya, juga bisa. Betapa senangnya hati.

Lalu saya coba menelusuri fitur VLC player ini. Ada tiga fitur yang cukup menarik.

Pertama, kita dapat menaikturunkan volume hanya dengan menggesek layar sebelah kanan secara vertikal.

Kedua, kita dapat mengubah kecerahan layar hanya dengan menggesek layar sebelah kiri secara vertikal. Bagusnya lagi, kecerahan tersebut tidak mengubah setting kecerahan HP. Jadi, ketika kita menutup VLC player, kecerahan kembali ke posisi semula.

Ketiga, kita dapat mengunci layar ketika memainkan video. Jadi tak ada lagi istilah salah sentuh.

Masih banyak fitur lainnya di player yang saya anggap bagus ini. Kalau Anda penasaran, silakan coba langsung.


Minggu, 28 Agustus 2016

Cara Download Lampiran Gmail di Opera Mini

Berselancar dengan opera mini memang sangat menyenangkan. Selain kecepatan loading halaman yang luar biasa serta tampilan halaman yang cukup enak dibaca, juga mampu menghemat pemakaian data berlipat-lipat.

Tetapi ada satu masalah yang kerap mengganjal, yaitu ketika kita ingin mendownload lampiran (file attachment) di email yang ada di gmail. Demikian pula ketika kita ingin mengupload lampiran.

Saat kita membuka email gmail di opera mini, jangan harap menemukan tombol atau taut untuk upload maupun download file lampiran.

Tapi masalah di atas bukan tanpa solusi. Ada cara sederhana untuk mendownload lampiran gmail di opera mini.

Berikut langkah-langkahnya.

Buka gmail di opera mini seperti biasa.

Buka email yang ada file attachmentnya.

Lihat kotak paling atas, cari tulisan ini: https://mail.google.com/mail/u/0/x/blablablablabla-/?&th=blablablablabla&mi=0&cmi=0&v=mv

Perhatikan bagian ini: /x/

Ubah /x/ dengan /h/, jadi hasilnya seperti ini: https://mail.google.com/mail/u/0/h/blablablablabla-/?&th=blablablablabla&mi=0&cmi=0&v=mv

Tekan ENTER

Perhatikan apa yang terjadi?

Ya, halaman gmail versi mobile berubah menjadi versi dekstop. Dan yang paling penting, taut untuk download file lampiran sudah ada.

Selamat mendownload.


Sabtu, 27 Agustus 2016

Obat PCT

Dokter seringkali menulis nama obat PCT di resepnya. Obat apa sebenarnya PCT ini? Apa kepanjangan PCT tersebut?

PCT adalah singkatan dari PARACETAMOL. Di Indonesiakan menjadi parasetamol.

Parasetamol adalah obat penurun panas dan pereda nyeri yang sangat terkenal. Obat ini termasuk kategori obat bebas terbatas, sehingga dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

Selain itu, berbeda dengan pereda nyeri pada umumnya yang mempunyai efek samping nyeri ulu hati, parasetamol bebas dari sifat mengiritasi lambung. Itulah sebabnya obat ini boleh dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Oh ya satu lagi keunggulan PCT alias parasetamol. Obat ini aman dikonsumsi oleh wanita hamil, wanita menyusui, bayi, dan anak-anak. Tentunya dengan dosis yang sesuai.


Jumat, 19 Agustus 2016

Arti Logo HUT Kemerdekaan ke-71

Baru saja kita merayakan HUT kemerdekaan yg ke tujuh satu. Tidak hanya nuansa merah putih yang bertebaran, tapi juga logo perayaan kemerdekaan.

Arti logo tersebut jelas dari tulisan yang terpampang: Indonesia Kerja Nyata. Ga cuma omdo alias omong doang.

Terus ada gambar baling-baling. Mirip baling-baling kapal berdaun dua. Semua sudah pada tahu kan fungsi baling-baling, yaitu mendorong kapal ke depan. Kapal dianalogikan dengan Negara Indonesia.

Angka satu menembus daun baling-baling. Artinya adalah kita harus bersatu sehingga dapat menembus segala rintangan yang menghadang.

Secara keseluruhan, logo HUT ke-71 ini ingin menunjukkan kesederhanaan dan kejelasan. Ga bertele-tele dan ga multitafsir.


Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Menghemat Data & Memori di Whatsapp

Whatsapp saat ini telah menjadi aplikasi paling populer. Selain jauh lebih hemat dibanding SMS, juga memiliki fitur yang sangat membantu, misalnya fitur kirim gambar, video, dan dokumen. Juga ada fitur grup yang sangat bermanfaat untuk diskusi atau pun tukar info.

Sayangnya, fitur download otomatis FOTO, AUDIO, VIDEO, dan DOKUMEN di Whatsapp aktif dari sananya. Bagi mereka yang kuotanya banyak atau memori HP nya lega mungkin tidak masalah. Tapi bagi mereka yang mempunyai kuota dan memori HP terbatas, maka fitur tersebut bisa menjadi musibah. Mesti merogoh kocek lebih dalam untuk membeli paket data, atau HP menjadi hang karena kehabisan memori.

Agar musibah buruk di atas tidak terjadi, maka kita dapat menonaktifkan fitur download otomatis di whatsapp.

Berikut langkah-langkah atau cara untuk mematikan fitur download otomatis sehingga kita dapat menghemat data atau memori di whatsapp.

1. Buka SETELAN
2. Buka PENGGUNAAN DATA
3. Buka SAAT MENGGUNAKAN DATA SELULER
4. Hilangkan tanda centang di depan FOTO, AUDIO, VIDEO, DOKUMEN.
5. Sentuh OKE.

Nah, mulai saat ini keempat jenis berkas tersebut tidak terdownload otomatis. Jika Anda ingin mendownload salah satunya pada pesan whatsapp, silakan tekan panah ke bawah yang ada di atas berkas tersebut.

Demikian artikel CARA MENGHEMAT DATA DAN MEMORI DI WHATSAPP ini, semoga bermanfaat.

Rabu, 10 Agustus 2016

Mencegah Lebih Untung (Versi BPJS)

Sudah lebih dari setahun BPJS bekerja.

Ada banyak efek positif. Salah satunya aspek pencegahan lebih diperhatikan. Termasuk pencegahan kanker payudara dan mulut rahim.

Kedua penyakit ini lumayan banyak menyedot dana BPJS. Biaya kemoterapi, radioterapi, atau pembedahan membutuhkan anggaran berjuta-juta.

Pilihannya ada dua, terus mengobati atau mencegah. Kalau mencegah, bisa hemat luar biasa. Tapi efeknya baru kerasa beberapa tahun lagi.

Tampaknya BPJS memilih untuk mencegah. Jadi jangan heran jika menemukan spanduk besar-besar yang mengajak ibu-ibu melakukan pemeriksan SADANIS (pemeriksaan payudara klinis) dan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat).

Pencegahan tidak hanya menguntungkan BPJS, tapi juga masyarakat. Derita masyarakat berkurang, mengingat bagaimana sakit dan susahnya pengobatan kanker payudara dan mulut rahim stadium III.

Gambar di atas adalah salah satu pengumuman yg ditempel di salah satu puskesmas.

Kamis, 04 Agustus 2016

Dua Whatsapp Satu HP

Normalnya, satu HP hanya bisa menjalankan satu buah akun Whatsapp. Meskipun itu HP dua kartu.

Tapi jika Anda kebelet ingin memakai dua akun Whatsapp dalam satu HP, ada caranya.

Cara OGWhatsapp? Ini sudah jadul.
Cara Whatsmapp Solo? Juga sudah ga bisa
Cara 2line for Whazapp? Butuh rooting

Saat ini, hari ini, entah esok-esok, ini yang mau: PARALLEL SPACE – AKUN BERGANDA. Cari aja di Playstore. Pengembangnya LBE Tech.

Satu lagi keuntungan dari PARALLEL SPACE, tak perlu merooting Android Anda. Kalo HP baru, ga ilang garansi.

Selamat mencoba. Jika ada unek-unek seputar PARALLEL SPACE, boleh dituliskan di kolom komentar.

Makasih.

Sabtu, 30 Juli 2016

Beda Tablet dengan Kapsul

Memang agak membingungkan.

Apa bedanya?

Tablet adalah obat yang bentuknya padat dan bundar.

Sedangkan kapsul bentuknya lonjong dan berisi serbuk. Pembungkusnya yang lonjong tersebut tidak terbuat dari plastik, tapi gelatin. Pembungkus ini akan mencair di dalam lambung dan serbuk di dalamnya akan keluar.

Ada satu lagi, kaplet. Singkatan dari kapsul dan tablet. Bentuknya lonjong seperti kapsul tetapi padat seperti tablet. Jadi, perpaduan kapsul dan tablet.

Ok deh, mudah-mudahan mulai sekarang dapat membedakan bentuk-bentuk obat.

Jumat, 29 Juli 2016

Buku Biostatistik yang Mudah Dipahami, Menurut Saya

Sudah bukan hal yang mengherankan jika biostatistik menjadi momok bagi sebagian besar orang. Termasuk saya.

Kenapa?

Banyak rumusnya, panjang-panjang pula.

Tapi konon katanya, kalo ngerti konsep statistik, maka semuanya akan lebih mudah. Tapi sayangnya, saya belum tiba tahap itu.

Nah, ada satu buku biostatistik yang cukup bagus. Bahasanya lumayan enak. Runtut juga. Judulnya Biostatistika, Aplikasi Pada Penelitian Kesehatan. Karangan Mochamad Rachmad, SKM, M.Kes. Terbitan EGC. Jangan tanya belinya dimana, soalnya saya juga pinjam punya perpustakaan kantor.

Buku di atas itu bagus menurut saya. Barangkali Anda para pembaca sekalian juga punya buku biostatistik favorit. Kalo iya, silakan di share di kolom komentar.

Senin, 25 April 2016

Cara Menangani Tulang Rusuk Yang Bengkok

“Wanita itu seperti tulang rusuk yang bengkok. Jika coba diluruskan dengan kekerasan, patah lah ia. Jika dibiarkan, akan bengkok selamanya”.

Jadi, harus bagaimana dong?

Kalau kawan-kawan bingung, jangan khawatir. Banyak koq yang senasib dengan kita yang sedang bingung menghadapi fenomena ini.

Berikut beberapa tips yang mungkin berguna, hasil dari perenungan dan hasil kontemplasi dari berbagai sumber. Karena bersifat opini, pasti banyak kekurangan. Mohon dimaklumi.

Tipsnya adalah, tulang rusuk mesti diluruskan dengan lemah lembut.

Caranya,

- Berikan contoh yang baik

- Jangan bosan-bosan dan jangan menyerah untuk mengingatkan jika ada kekeliruan, meskipun dibilang cerewet

- Marahlah pada sifat jeleknya, jangan pada orangnya. Orangnya tetap kita sayangi.

- Jangan lupa memberi penghargaan jika ada hal yang positif

- Akui dan minta maaf jika kita berbuat salah

Mungkin kawan-kawan punya cara lain, silakan share di bagian komentar.

Makasih sebelumnya ...


Layanan *550*790# Sudah Berhenti

Dunia para pencari koneksi internet murah sempat heboh. Bukan apa-apa, Telkomsel tanpa promosi besar-besaran kalau ga mau disebut diam-diam, meluncurkan sebuah kode ajaib untuk mendapatkan kuota internet obral. Kode tersebut adalah *550*790#. Sebenarnya masih ada kode-kode lain semisal *550*890# dan sebagainya, hanya tidak seterkenal yang 790.

Sebagian orang merasa beruntung. Tapi sebagian lainnya bersungut-sungut.

Apa pasal? Tidak semua orang bisa mengikuti program kuota obral tersebut. Telkomsel menyebutnya hanya yang terpilih. Kriterianya tak ada, semata-mata hanya pengacakan oleh sistem. Katanya.

Jadi, tak peduli Anda sudah langganan menggunakan kartu Telkomsel dari tahun dua sebelum masehi, belum tentu terpilih mengikuti paket promo obral kuota tersebut.

Semakin hari kehebohan tidak berhenti, malah tambah menjadi-jadi. Coba saja tengok FB milik Telkomsel, banyak yang bertanya tentang paket obral ini dan tidak sedikit yang mengomel.

Tapi tampaknya keriuhan akan segera mereda. Per 13 April 2016, akses ke *550*790# sudah tidak bisa lagi. Pesan yang keluar adalah “Menu input tidak valid. Menu tidak tersedia”. Tampaknya, pihak Telkomsel sudah menghabisi pake promo ini.

So, bersabarlah kawan-kawan :)