Minggu, 04 September 2016

Video Player Bagus di Android

Awalnya Saya selalu memakai video player bawaan Android. Bertahun-tahun tidak ada masalah.

Tetapi beberapa hari yang lalu, ketika ingin memutar file MP4 hasil unduhan di komputer, player yang biasanya lancar jaya ngambek. Berkali-kali diulang buka, pesannya sama. File tidak dikenali.

Sempat curiga file MP4 tersebut rusak. Jadi coba saya putar di laptop, ternyata tidak masalah.

Timbul kecurigaan pada player. Barangkali playernya bermasalah menjalankan file MP4 hasil unduhan komputer.

Lalu muncul ide untuk mencari player di playstore. Wuih... ada banyak. Mata saya tertumbuk pada salah satunya, sepertinya familiar. VLC player namanya. Kalau tak salah ingat, saya pernah mencoba menggunakannya di komputer.

Iseng saya download VLC player tersebut.  Lalu saya coba menjalankan file yang ngambek di player lama. Alhamdulillah bisa. Saya coba file lainnya, juga bisa. Betapa senangnya hati.

Lalu saya coba menelusuri fitur VLC player ini. Ada tiga fitur yang cukup menarik.

Pertama, kita dapat menaikturunkan volume hanya dengan menggesek layar sebelah kanan secara vertikal.

Kedua, kita dapat mengubah kecerahan layar hanya dengan menggesek layar sebelah kiri secara vertikal. Bagusnya lagi, kecerahan tersebut tidak mengubah setting kecerahan HP. Jadi, ketika kita menutup VLC player, kecerahan kembali ke posisi semula.

Ketiga, kita dapat mengunci layar ketika memainkan video. Jadi tak ada lagi istilah salah sentuh.

Masih banyak fitur lainnya di player yang saya anggap bagus ini. Kalau Anda penasaran, silakan coba langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar